KANTOR PSIKOLOGI TERPAN SEMARANG

KANTOR PSIKOLOGI TERPAN SEMARANG
KANTOR PSIKOLOGI TERAPAN SEMARANG

Sabtu, 21 Mei 2011

TODAY IS BETTER THAN YESTERDAY

TODAY IS BETTER THAN YESTERDAY

Ouys Alkharani


Today is better than yesterday artinya hari ini lebih baik dari hari kemarin, adalah gambaran nilai hidup yang signifikan. Bagaimana kita menjadi insan yang melakukan perbaikan, perubahan sesuai nilai-nilai hidup yang luhur dan fitrah. Nilai fitrah adalah nilai-nilai kebaikan yang universal dimana setiap individu akan setuju dan akan merasa bahagia dalam menjalankan nilai-nilai tersebut.

Menurut Maslow, manusia memiliki tahapan kebutuhan kehidupan secara berurutan melalui pemenuhan hidup secara fisiologis, rasa aman, cinta, harga diri dan aktualisasi diri. Tahapan ini bisa diartikan bahwa manusia harus melalui tahapan-tahapan hidup agar hidupnya bahagia. Pemenuhan ini terkadang tidak berurutan dijalankan individu, kadangkala mulai dari aktualisasi diri baru mendapatkan kebutuhan fisiologis begitu juga sebaliknya.

Setiap individu akan berbeda dalam menangkap pesan Maslow tersebut, bahkan ada juga yang tidak memerlukan tahapan pesan Maslow tersebut. Dengan kaca mata ilmiah melalui pertimbangan dan evaluasi, critical point dengan menguraikan segala asumsi, hipotesis dan argumentasi bahkan analisis yang berkembang, bahwa tahapan-tahapan kebutuhan itu memang diperlukan oleh manusia dalam hidup, mengingat tahapan-tahapan tersebut akan dilalui oleh individu yang memiliki nilai hidup ”today is better than yesterday atau tomorrow will be better than today”.

Cara hidup dengan nilai ”Today is better than yesterday” memiliki prinsip keyakinan, tidak ada kata ”tidak bisa”, tidak alasan ”karena”, atau ”kemungkinan” dan faktor dari luar diri kita. Niat, keyakinan dan fokus pada apa yang akan dicapai menjadi tujuan dari segala tindakan yang sudah diupayakan. Ujian, tantangan, hambatan, rintangan merupakan faktor kelumrahan seperti halnya kita menghadapi bergantinya siang dan malam. Inilah nilai sederhana yang diajarkan oleh leluhur dalam menggapai hidup sukses yang sesungguhnya.

Visi dan nilai hidup signifikan yang terurai di atas adalah modal pada seseorang dalam melakukan perubahan secara totalitas dalam mencapai tujuan hidup yang bermakna. Dimulai dari seluruh dimensi kehidupan baik pribadi, keluarga, sosial, profesi dan spiritual apabila kita mampu targetkan untuk lebih baik dari hari kehari, tunggulah masa keemasan, kemasyuran akan datang dan bukanlah suatu keajaiban. Karena tindakan atau gerak yang kita lakukan secara terarah dan signifikan hasilnya akan sejalan dengan tindakannya, sekali lagi bukan ”keajaiban’ namun merupakan hukum alam yang sesuai dengan tindakannya.

Bukanlah keajaiban namun hukum alam dari ”Today is better than yesterday” yang merupakan pembelajaran nilai-nilai hidup, bagaimana seharusnya kita bertanggungjawab terhadap hidup kita masing-masing, bagaimana kita mengatur waktu, bagaimana merencanakan sesuatu, bagaimana menghadapi problem dan tantangan, bagaimana bersikap terhadap hasil yang kita capai.
Dalam kondisi yang multi krisis yang kita hadapi saat ini, kita seyogyanya merancang secara tepat visi hidup kita, yang seringkali ambigu (tidak jelas)/abu-abu. Seperangkat imaginasi bahkan angan-angan menjadi mimpi di siang bolong saat kita tidak melakukan tindakan nyata (action). Tindakan tidak terarah, tanpa perencanaan yang matang dan tidak tahan uji akan menjadikan hidup kita menjadi merugi bahkan bencana. Sikap pasrahisme seringkali menjadi pilihan hidup maupun pengalihan bahkan solusi hidup bersama (unconsiuous collectifism) bagi kita saat muncul ujian, tantangan, hambatan maupun problem datang menghadang kita.

Saudaraku, apakah saudara seorang pengusaha, pimpinan perusahaan/birokrasi, karyawan maupun pelajar, pilihan ada ditangan anda, banyak jalan terbuka lebar dalam menggapai hidup sukses dan berkah, ” Today is better than yesterday atau tomorrow will be better than today” semoga menjadi solusi pilihan anda. Optimis bisa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar